Uncategorized

Mr. Robot (finally write about this)

Again. My job is stuck because I can’t go further without any proposal from vendor, and they’re kinda slow. Ugh I hate this waiting. Makes me feel useless. Thus, let’s not talk about it. Let’s talk about something fun.

Mr. Robot.

OH HELL YEA I’M GONNA TALK ABOUT IT.

*Eventhough I don’t understand all the technology jargons they have in the series*

Switch ke bahasa Indo aja ya.. Hahahaha.. Mohon maaf kalo ngalor-ngidul karena gue lagi lowong bingitsss.. Totalitas sekali nih magabutnya.. Kalo ngebosenin dan meaningless ya gak papa yaaa.. Oranggue lagi magabut. Wkwkwkwkw…

Kira-kira bulan Juni/Juli 2015, ketika gue lagi dipusingin sama revisi tesis, dan ketika semua TV series fave penghibur lara udah pada tamat season-nya, gue dengan bete-nya melipir ke kickass.to (sekarang jadi kat.cr) buat liat-liat ada TV series apa yang kira-kira oke dan bisa gue tonton..

Tentu saja TV series yang udah jalan ber-season2 gak jadi pilihan, karena itu artinya gue harus nonton sejak awal dan malas sekali rasanya nyari episode2 awal mereka. Jadi yang gue cari adalah TV series yang baru season 1. Kebetulan bangettt, ada nih satu file dengan judul yang ajaib banget, Mr. Robot S01E01.

Wah, serial baru nih! Tapi kok judulnya gak banget sih? Cerita ttg apa yak?

Tapi karena ukuran file gak terlalu gede (kurang-lebih 300MB) jadi sambil download, sambil cari2 info. Cuma karena gue agak males juga ya, jadi gue gak banyak browse ttg serial ini. Yang gue tau cuma ini serial ttg hacker yang pengen nge-hack konglomerasi dan banyak orang kasih jempol buat Mr. Robot. Wesss, kita download aja dulu terus liat deh suka apa kagak.

Pas selesai download, gue nonton dikittttttttt banget dan langsung lompat ke satu scene paling powerful dan terkenal dari Mr. Robot, the Ron’s Coffee Shop scene. Di situ gue ngeh kalo yang maen jadi tokoh utamanya adalah si King Ahkmenrah di Night at The Museum, yang wajahnya unik-unik guilty pleasure gitu. “Ow, si cowok itu.. siapa yah namanya? Mmm…….. *browse* Oh! Iya, Rami Malek!”

Tapi fandom gue belom dimulai karena sumpah ya itu revisi tesis makan ati dan pikiran bangetttssss.. Terbengkalailah episode pilot Mr. Robot.

Setelah urusan revisi-revisian dan wisuda-wisudaan beres, gue mulai haus hiburan. Meluncurlah ke kat.cr dan melihat ternyata Mr. Robot udah mao abis tuh season pertamanya. Yah udah, gue download aja deh sekalian.. Gratis ini. Wkwkwkw..

Dan mulailah gue nonton episode pertama. The most quoted opening with such a dreamy-yet-hoarse voice: “Hello, friend. Hello, friend? That’s lame. Maybe I should give you a name. But that’s a slippery slope. You’re only in my head. We have to remember that.” OK, mulai bingung kenapa openingnya ada orang lagi nyiptain imaginary friend.

Mr. Robot ini dinarasikan oleh tokoh utamanya sendiri, Elliot Alderson (Rami Malek), seorang tech engineer yang kerja di perusahaan cybersecurity, Allsafe, yang merupakan vendor untuk konglomerasi paling berkuasa, E Corp, dan kalo malem ‘berprofesi’ sebagai vigilante hacker. Hacker yang main hakim sendiri menumpas orang-orang yang menurut dia berbahaya atau membahayakan orang-orang yang dia sayang. Adegan Ron’s Coffee Shop yang tadi gue sebut itu salah satu golden scene dari episode pilot, kalo bukan dari seluruh season. Di situ keliatan banget seberapa jago akting Rami Malek *lalu gue pingsan*

*sadar lagi*

Kenapa keliatan jago? Soalnya Elliot yang dia perankan is a very troubled young man yang gak bisa bedain mana kenyataan, mana yang bukan, dan merupakan self-medicated drug-addict. Semua adegan yang dinarasikan dan dilihat dari sudut pandang Elliot itu bikin kita bertanya-tanya, karena konsep acara ini adalah melihat langsung isi kepala Elliot. Semua yang kita terima adalah hasil penyaringan Elliot terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

You can see how crazy his eyes are, you can see how awkward he is, you can see how detach he is to his surrouding, you can see how much emotions he keeps for himself because he’s unable to show it, even to the very few people he truly cares about. You can see that all on screen because Rami did such a great job there *pingsan lagi*

*sadar lagi*

OK, jadi si Elliot ini suatu hari ketemu sama seorang pria misterius yang diperankan oleh Christian Slater, yang menawarkan dia untuk ikut gabung di underground hacker group bernama fsociety. Fsociety memiliki tujuan utama menghapus all the virtual debt and do a wealth redistribution to all the people for greater good. Yah kondisinya kan ada konglomerasi yang mengusai 70% aspek kehidupan orang2 di sana, di mana mereka juga ‘memperbudak’ orang-orang dengan konsumerisme, hutang, dll. Jadi fsociety ini pengen hancurkan sistem yang bikin orang susah makin susah, orang kaya makin kaya. Tapi maap-maap aja kalo gue salah menerjemahkan isi cerita ya, maklum, otak gue pas-pasan.

Pria misterius ini disebut sebagai Mr. Robot sama si Elliot.

Karena semua hal yang terjadi di sekitar Elliot itu kita terima melalui sudut pandang Elliot, yang artinya all of those experiences are filtered through his mind, and because he is mentally disturbed, kadang sebagai penonton kita suka bertanya-tanya sendiri.. ini adegan real apa cuma khayalan si Elliot ya?

Bagusnya acara ini, penonton dibikin buta dan harus terima apa yang Elliot pahami saat itu. Jadi kita kayak berada di dalam kepala si Elliot. Iya lah, kita kan diposisikan sebagai ‘teman khayalan’nya Elliot. Tapi, gak ngebosenin dan malah bikin, “WHATTT??!!” gitu ketika beberapa plot twist terjadi.

But again, karena gue udah terlanjur deeply deeeeeeeeply sunk into Rami’s fandom, setelah dua atau tiga episode gue tonton, gue mulai too focus on Elliot that I missed some important detail. Motivasi utama nonton adalah Rami Malek. Wkwkwkwkw… But still, those plot twists surprised me!

Anyway, ada beberapa tokoh lain yang punya peran penting di serial ini, which, I have to admit, I didn’t actually really care *fandom akut*. Hekekekekeke.. Tapi ternyata mereka punya peranan besar dan seiring berjalannya cerita, peran mereka semakin kelihatan.

Pertama, yang pasti sih si Mr. Robot (Christian Slater) ya, yang suka bertentangan sama Elliot tapi sebenernya mereka punya tujuan yang sama, cuma si Mr. Robot ini versi anarkis, Elliot versi yang diem-diem mematikan. Hahahaha.. Mr. Robot ini misterius banget, suka muncul mendadak udah kayak setan aja. Tapi dia selalu membantu Elliot kalo Elliot kesulitan. Dia ini yang mengajak Elliot gabung ke fsociety dan menyuntikkan semua rencana gila mereka untuk menjatuhkan E Corp ke Elliot. Cara dia mancing Elliot buat join juga keren banget. Sayangnya otak gue terlalu lemah untuk bener-bener ngerti prosesnya. Komputer bangettt sih.

Terus ada Darlene (diperankan oleh Carly Chaikin), cewek nyetrik anggota fsociety , yang suka begajulan dan emosional. Tapi eh tetapi, dia care banget sama Elliot lho. Kenapa? Huhuhuhu… find out yourself.

Ada Angela Moss (diperankan oleh Portia Doubleday), cewek teman masa kecil Elliot, mungkin satu-satunya cewek yang bisa deket sama Elliot dan bener-bener disayang sama Elliot. Oia, gue belom cerita ya kalau mereka ini memiliki nasip yang sama, yaitu kehilangan orang tua karena penyakit kayak leukimia. Elliot kehilangan papanya, satu-satunya orang yang bisa dia ajak ngomong, dan Angela kehilangan mamanya karena penyebab yang sama: exposure eksperimen berbahaya yang dilakukan oleh E Corp. Mungkin latar belakang ini yang bikin mereka jadi best friend. Dan sepertinya peranan Angela dalam cerita ini bakal semakin besar di season berikutnya.

Lalu ada the arch-nemesis, Tyrell Wellick (diperankan oleh Martin Wallström). Peran antagonis yang bikin penonton benci-benci tapi rindu jua. Seorang eksekutif muda ambisius yang punya jabatan Senior Vice President of Technology di E Corp. Doi ini… gimana ya… kalo nonton serialnya pasti ngerti deh kenapa gue bilang benci-benci tapi rindu. Sampe selesai satu season gue masih belom bisa nebak dia ni beneran jahat atau cuma Elliot aja yang parno sama dia. Tapi dia emang *ehem* ganteng *ehem* dan intimidating sih. Dan motivasi dia melakukan all the things he did in season one remains a secret. Atau mungkin gue aja yang gak cukup pinter buat nebak.

Selain mereka ada beberapa peran yang porsinya lebih kecil tapi bukan berarti gak penting. Ada Mobley, Romero, dan Trenton yang juga anggota fsociety, ada Gideon Goddard si CEO Allsafe, ada Krista yang jadi state-mandate psychiatrist-nya Elliot, ada Terry Colby sang CTO dari E Corp, dan Joanna Wellick istri dari Tyrell Wellick yang kok kayaknya misterius dan tingkat kengeriannya lebih tingi dari Tyrell *tapi doi cantik n seksi banget* *iri*.

Waduh udah panjang banget nih tulisan.. entah deh ada yang baca sampe sini apa nggak. Kalo ada, yah bagus deh. Hehehe..

Pokoknya, ini salah satu serial yang keyword-nya bikin gue ilfil gak pengen nonton (komputer, hacker, government, corruption, robot, technology….ugh) tapi sekalinya nonton malah gak bisa berhenti. Serial ini malah bikin gue sukses nonton satu season dalam kurun waktu 2 hari ajah. Well iya siiiih, harus diakui faktor terbesarnya adalah Rami Malek himself *standing applause* *cipika-cipiki* *pingsan* *sadar lagi*

Dan serial ini pula yang bikin gue terhanyut dalam fandom di akhir usia 20-an. Bikin gue jadi kayak ABG labil liat One Direction. Bikin gue hanyut dalam desahan suara yang gue-gak-bisa-jelasin-tapi-pokoknya-seksi-lah. Bikin gue nyadar kalo orang tuh gak perlu cakep-cakep amat, gak perlu tinggi gede bertubuh ala-ala Magic Mike, tapi tetep bisa bikin cewek-cewek going crazy over him. Rami Malek is so perfectly crafted into this perfect imperfection.

And thanks God he got the role in Mr. Robot!!!

And most of all, sebuah serial TV gak perlu orang-oran gsuper ganteng atau cantik, asal sesuai dengan kisah yang digambarkan dan penggambarannya real banget, gue rasa bisa memikat orang untuk nonton dan malah bikin orang-orang bisa relate.

Udah ah sok taunya. Udah kepanjangan. Maap ya. Hihihihi…

NOTE: all pictures are not mine. They’re all belong to others.

Advertisements

4 thoughts on “Mr. Robot (finally write about this)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s