Uncategorized

Bagi-bagi Manfaat

Kalo ada yang merhatiin (yaaah, boleh GR sedikit lah ya..) belakangan ini gue lagi rajin posting/retweet/nge-path tulisan Pak Rhenald Kasali. Siapakah Beliau? Beliau adalah guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia  yang juga seorang businessman. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Program MMUI tempat gue kuliah sekarang, sampai tahun 2013 kemarin. Berikut tautan profil singkatnya: http://www.tokohtokoh.com/rhenald-kasali.html

Awalnya gue gak tahu sama sekali mengenai Beliau, soalnya gue ini orang yang sangat ignorant dan gak peduli sama hal-hal selain yang gue suka.. Pathetic me. Anyway, pertama kali denger namanya waktu gue lagi rajin cari info pendaftran pascasarjana UI. Karena gue maunya masuk ke Magister Manajemen UI, maka gue suka buka-buka tautan FEUI, dan di situlah gue pertama kali baca nama Beliau sebagai Ketua Program MMUI.

Ternyata, gue cukup beruntung bisa bertemu dengan Beliau secara langsung di acara orientasi outdoor MMUI, ketika Beliau membuka acara dengan memberikan speech bagi mahasiswa baru. Ada satu hal yang membuat gue terpana dari Beliau: Pak Rhenald ini bisa bicara panjang lebar lama banget tanpa membuat pemirsanya bosen. Menurut gue, ini salah satu kualitas yang harus dimiliki seorang leader dan teacher. Sungguh menarik mendengarkan Beliau berbicara dan bercerita. Jatuh cinta deh..

Nah, gue lagi keranjingan baca artikel-artikel tulisan Beliau di beberapa media, yang baru ditulis atau yang udah lama. Gue suka sekali membaca artikel-artikel tersebut karena Beliau bisa menyampaikan isi hati dan pikirannya dengan lugas,jelas, namun tetap menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti.

Artikel pertama yang gue baca adalah artikel yang Beliau tulis setelah kasus anaknya Ahmad Dhani menabrak kendaraan lain dan menyebabkan 6 orang meninggal. Tulisannya ada di sini: http://nasional.sindonews.com/read/2013/09/12/18/782231/dul. Sejak itu gue jadi follower beliau di Twitter dan semakin kagum sama Beliau.

Pagi ini gue baca sebuah tulisan yang dimuat di website FEUI. Sebenarnya ini artikel lama dari media Seputar Indonesia, namun dimasukkan ke website FEUI: http://mm.fe.ui.ac.id/index.php/berita/261-encouragement-prof-rhenald-kasali-phd. Baca deh, bagus banget! Isinya tentang perbedaan system pendidikan di Indonesia dan di Amerika Serikat.

Kemarin-kemarin sempet baca artikel ini: http://m.koran-sindo.com/node/359183 tentang pemilu dan capres yang akan segara datang.

Gue gak perlu sok-sokan bikin ringkasan tulisan beliau yaa.. hehehe.. soalnya emang udah singkat jelas padat. Gue cuma mau share aja di sini. Gue harap semakin banyak orang membaca tulisan-tulisan Beliau dan mendapatkan manfaatnya. Gak harus setuju dengan isinya, tapi diambil hikmahnya. Ini sebuah sudut pandang dari seorang pendidik, akademisi, pengusaha, ayah, dan WNI yang sangat peduli dengan dunia pendidikan dan perkembangan Indonesia.

Dan berkat kehebatan Mr. Google, gue nemuin sebuah blog yang menyajikan kumpulan tulisan-tulisan Beliau:

http://rhenald-kasali.blogspot.com/

http://opini.kompas.com/rhenald.kasali

Semoga bermanfaat ya.

2 thoughts on “Bagi-bagi Manfaat

  1. bagus mett 🙂 kadang emang suka lupa klo di indonesia masih banyak orang-orang baik yg peduli, ga semuanya korup. cape juga kan baca berita -berita yang nggak enak mulu 😉
    thanks for the good read!

    1. Iya tin.. macama :*
      Prof Rhenald di beberapa tulisanya ngasih kritik yang membangun, tanpa terkesan menggurui, tapi bikin orang yang baca jadi tergugah. Bisa sarapan sehat setiap pagi pake artikel-artikel beliau 😀

Leave a Reply

